Cara mudah Membuat Bebek Rica-rica Cabai Hijau

Cara mengolah bebek yang enak dan gurih salah satunya adalah Rica rica bebek, itik atau entok. Cara membuat rica rica bebek memiliki tujuan agar daging bebek tidak alot dan mudah di makan, terutama jika memasak bebek yang sudah berumur tua atau afkiran, tentu cara terbaik adalah memasak rica rica bebek Jika tidak memiliki panci presto untuk melunakan tulang dan mengempukan daging. Rica rica bebek pedas dengan sambal ijo (cabe hijau) sangat rekomended bagi anda yang ingin membuat olahan bebek enak.

bebek rica rica
Rica rica bebek banyak diusahakan oleh masyarakat sebagai bisnis kuliner selain bebek goreng. Salah satu rica rica bebek masak rica-rica sambal ijo, adapun khas madura, khas malang dan daerah lainnya. Setiap daerah memiliki cita rasa dan resep bebek rica rica berbeda, namun yang spesial adalah cabai yang digunakan adalah jenis cabai hijau yang punya cita rasa khas. Nah, bagaimana kawan olahan tani? Tertarik? Begini cara mengolah bebek rica rica pedas sambal ijo:

Sebagai contoh akan kami saikan contoh bahan dan cara pembuatan yang mudah dipahamo, terutama bagi yang baru pertama kali memasak bebek rica rica :

Bahan yang harus dibuat :

  • 1 ekor bebek dengan bobot 1 kg, bersihkan jeroannya, potong dengan ukuran sesuaikebutuhan.
  • 1 liter air putih.
  • Mentega atau margarin

Bumbu pelengkap:

  1. 3 sendok makan kecap manis.
  2. 1 sendok teh asam Jawa, sebelumnya haurs dilarutkan dengan 1 sendok makan air matang.
  3. 3 buah jeruk nipis yang diiris menjadi 4 bagian.

Bumbu yang harus dihaluskan

  • Garam, gula pasir dan lada putih bubuk secukupnya.
  • Kunyit seukuran 2 ruas jari kelingking.
  • Jahe seukuran 1 ruas ibu jari.
  • 10 buah cabai hijau besar.
  • 5 buah cabai rawit hijau.
  • 10 siung bawang merah.
  • 5 siung bawang putih
Persiapan bebek masak rica-rica cabai hijau:

  1. Jumlah cabai yang digunakan boleh disesuaikan selera, mau sedang, pedas, sampai pedas menggelegar terserah anda, ini masalah kemampuan lidah.
  2. Cuci bersih bebek, agar tidak alot, silakan balur daging bebek dengan air jeruk nipis atau lemon untuk mengurangi bau amis, Ada pun cara lainnya untukmengurangi bau amis, Silakan baca :
    3 cara menghilang bau amis pada bebek
  3. Potong kecil kecil seuai selera, ambilah yang ada daging saja, tulangnya sebaiknya dibuang

Cara membuat bebek masak rica-rica cabai hijau:
  1. Panaskan mentega atau margarin (Anda bisa menggunakan minyak goreng) sampai meleleh untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai bau wangi menyeruap ke hidung.
  2. Masukkan daging bebek yang sudah dipotong kecil kecil ke wajan, aduklah sampai tercampur rata dengan bumbu.
  3. Tuangkan kecap manis dan larutan asam Jawa, aduk sampai tercampur rata.
  4. KemudiannTuangkan air, adul lagi sampai merata kemudian biarkan sambil sesekali dioalh agar matang merata sampai mengental dan tekstur daging bebek menjadi empuk.
  5. Biarkan sampai dingin, kemudian taburkan irisan daun bawang dan cabai bebek masak rica-rica cabai hijau siap dihidangkan untuk keluarga.
Bagaimana emak emak? Mudah kan? Cara memasak bebek rica rica pedas cabai hijau. Silakan lakukan dirumah. Selamat mencoba, semoga masakannya enak.

Share this :

Previous
Next Post »