Cara Membuat Nugget Jamur

Satu lagi olahan jamur yang bisa kita buat dengan mudah, yakni nugget jamur. Nugget jamur ini adalah makanan dari jamur baik jamur tiram, merang dan kancing yang prinsipnya masih meniru dengan olahan nugget dari daging. Hanya saja mungkin rasanya berbeda karena tentu rasa jamur dan daging berbeda. Resep nugget jamur pun tidak berbeda jauh, hanya saja bahan utamanya berbeda. Meski begitu rasa nugget jamur sangat cocok untuk vegetarian karena tidak kalah enaknnya bahkan bisa dijadikan makanan alternatif bagi orang-orang yang sudah bosan dengan daging. Selain itu nugget ini juga lebih murah. Jika dibanding daging sapi dan kambing tentunya berbeda sangat jauh. Jamur tiram sendiri dijual  murah di pasaran, hitung-hitung sedikit berhemat tetapi tetap nikmat.

Cara Membuat Nugget Jamur

Jamur tiram dibuat nugget tidak memerlukan peralatan seederhana, cukup menggunakan blender untuk melembutkan jamur ini. Dengan bahan yang mudah sama halnya degan olahan nugget lainnya. Untuk cara membuatnya. Silakan baca cara membuat nugget jamur tiram ini dengan baik :

Berikut bahan bahan yang dibutuhkan :
  • 500 gram jamu tiram segar
  •  6 butir telur
  •  5 sendok makan tepung terigu yang sudah diayak sampai halus
  •  2 lembar roti tawar
  • 150 air
  • 2 bawang putih
  • tepung panir secukupnya
  • merica secukupnya
  • gula dan garam secukupnya
Baca juga : Cara membuat jamur crispy yang renyahnya tahan lama

Cara membuat nugget jamur :
  1. Cucilah jamur tiram di air yang mengalir sampai bersih
  2. Rebus jamur hingga layu dan kemudian dinginkan
  3. blenderlah  jamur yang telah direbus bersama telur, roti tawar, bawang putih dan air sampai halus.
  4. Tuangkan ke dalam nampan kemudian aduk bersama tepung terigu, garam, gula dan merica ke dalamnya, aduk dan uleni hingga benar-benar tercampur rata membentuk seperti adonan.
  5. Kukus adonan selama 30 menit, jangan lupa untuk melapisi penutup tempat kukus dengan kain agar air tidak menetes ke dalam adonan.
  6. angkat nugget dan dinginkan hingga dingin ke dalam kulkas dan biarkan selama kira-kira 1 jam.
  7. Sebelum digoreng, adonan nugget dipotong kecil atau dicetak sesuai bentuk dan dilumuri tepung panir dan telur,
  8. Gorenglah sampai kering dan matang
 Demikian  Cara Membuat Nugget Jamur sederhana yang bisa anda buat dirumah tanpa ribet. Adapun enis olahan dari jamur yang bisa anda buat seperti sate jamur, sop jamur dan mie jamur. Kunjungi olahan tan terus untuk artikel terbaru seputar olahan jamur yang enak dan gurih dan resepnya.

Share this :

Previous
Next Post »