Cara Membuat Mentega Sendiri dari Susu Segar

Cara membuat mentega dari susu segar sudah turun temurun dari nenek moyang sampai sekarang, karena mentega merupakan olahan susu sederhana yang memiliki banyak manfaatnnya. Sayangnya banyak dari generasi muda yang melupakan sejarah tentang bagaimana cara membuat mentega sendiri dirumah menggunakan susu sapi segar. Umumnya mereka membeli mentega kemasan yang praktis daripada membuatnya meskipun caranya mudah.

Mentega
Cara membuat mentega dari susu segar - pixabay.com
Mentega merupakan produk olahan susu yang bersifat plastis, tahapan proses pembuatan mentega melalui proses pengocokan (Churning) sejumlah krim. Mentega yang baik atau standar FAO harus mengandung lemak minimal 80%. Kadar air maksimal 16%, kadar protein maksimal 1% dan MSNF (Milk Solids-Non-Fat) tidak lebih dari 2 %. Warna kuning pada mentega disebabkan oleh zat warna β karoten dalam krim. Nilai gizi mentega banyak tergantung pada kandungan lemak dan vitamin vitamin yang larut dalam lemak. Mentega merupakan sumber vitamin A yang sangat baik dan merupakan makanan yang berenergi tinggi (7-9 kalori/g), tidak mengandung laktosa dan mineral serta berprotein rendah.

Ada 4 macam tipe mentega yang diproduksi yaitu Sweet cream salted butter, Cultured salted butter (Nothern Europe), Cultured unsalted butter (EEC Country) dan Sweet cream unsaltedd butter (Produksi meningkat dibanding yang lain). Komposisi mentega terdiri atas Lemak mentega sebagian besar terdiri dari asam palmitat, oleat dan stearat serta sejumlah kecil asam butirat dan asam lemak sejenis lainnya. Bahan lain yang terdapat dalam jumlah kecil adalah vitamin Air susu, E, dan D serta
sebagai flavour adalah diasetil, lakton, butirat dan laktat.

Sebelum membuat mentega sendiri anda harus memperhartikan kualitas susu digunakan. Susu berasal dari ternak yang sehat. Pasca panen susu yang ditangani dan disimpan pada kondisi yang bersih dan suhu rendah dan bau tidak enak yang berkembang saat susu dihasilkan dapat pindah kementega. Satu contoh adalah ketengikan yang disebabkan oleh pembebasan asam lemak oleh enzym lipase yang disebut lipolysis.

Berikut cara membuat mentega dari susu mentah :

Bahan untuk membuat mentega :

- susu segar
- Garam
- Pewarna

Alat yang digunakan:

- Cream separator
- Alat pemanas (panci dan kompor)
- Alat pengocok (Churn)

Cara membuat :
  1. Susu segar disiapkan
  2. Pemisahan krim dengan cream sparator
  3. Susu dipanaskan atau Pasteurisasi  pada suhu 85oC selama 15 detik
  4. Kemudian didinginkan sampai 7oC
  5. Lakukan Pewarnaan bila anda ingin merwarnai mentega dengan anek warna
  6. Lakukan Churning atau pengocokan
  7. Lakukan Penggaraman atau perasa agar lebih nkmat
  8. Lakukan Peremasan sampai menjadi mentega

Itulah tahapan proses pembuatan mentega dari susu sapi segar yang bisa anda terapkan dirumah. Semoga bermanfaat. Baca juga cara membuat ramuan dari daun sirsak untuk mengobati kanker

Share this :

Previous
Next Post »